5/31/14

ALASAN MAHASISWA MENGERJAKAN TUGAS MALAM HARI



Membedakan Malamnya Mahasiswa dengan Yang Lain.
Disadari atau tidak, menjadi seorang mahasiswa adalah keputusan berani seseorang dalam hidupnya. Menyandang gelar “maha” bukan perkara ringan. Terlebih, paradigma tentang seorang mahasiswa yang dianggap memiliki kemampuan dan pola pikir yang lebih modern.
Namun fakta tak selalu bersahabat. Dalam proses merah gelar sarjana itu, seorang mahasiswa selalu disibukkan dengan satu hal bernama tugas. Dulu saat masih sekolah lebih dikenal dengan PR (Pekerjaan Rumah). Sekarang, bahasanya saja yang diperhalus. Selain itu juga karena tak semua mahasiswa tinggal di rumah, banyak yang dikosan. Bahkan tak jarang yang menyebut diri mereka aktivis lebih sering tinggal di kantor sekertariat atau di pos security karena saking cintanya dengan kampus.

Nah selain itu, sebagai seorang mahasiswa, malam merupakan waktu terindah untuk mengerjakan tugas. Selain mengingat kenangan mantan. Ya.. mantan selalu menjadi sebuah istilah yang indah untuk disebut. Meskipun belum pernah pacaran. Bisa saja mantan gebetan atau mantan sahabat dekat (walau berharap lebih).
Dan inilah saat yang menentukan untuk memperjelas perbedaan kita dengan pelajar lain, seperti anak SMA apalagi SD. Biasanya, mereka mengerjakan PR dan jam 9 malam sudah harus tidur. Karena tak ingin dianggap sama, mahasiswa secara non-formal  mendeklarasikan bahwa malam bagi mahasiswa adalah waktu untuk tugas. Setelah waktu untuk keluarga dan segenap kenangan mantan.
“Kita bukan anak SD, jadi inilah yang membedakan kita dengan mereka” tutur seorang mahasiswa dengan kantung mata indah sembari gosok gigi setelah minum susu.
Selain itu, Dodi Kusmardi (21), mahasiswa yang tidak ingin disebutkan inisialnya ini menuturkan bahwa kebutuhan internet bagi seorang mahasiswa adalah hal yang paling mendasarinya. Di Indonesia, pihak provider sudah mengikat kontrak dengan sesepuh mahasiswa setiap kampus bahwa jam malam / tengah malam adalah hak penuh mahasiswa. Jadi, mereka mempermurah biaya atau memberi bonus paket internet lebih di waktu yang sudah disepakati itu.
“Bukan karena dimalam hari lebih murah dan koneksinya lebih cepat. Tapi karena kontrak yang telah disepakati” tegas Dodi yang kali ini sudah mengenakan piamanya.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk berkomentar. Saya tunggu kabar kamu, selanjutnya.

Saya Hisyam Suratin, salam.